12 Juli 2021 3:32 pm

Tips Cara Merawat Alat Laboratorium Dengan Benar

Tips Cara Merawat Alat Laboratorium Dengan Benar
Kebersihan dari alat-alat laboratorium kimia adalah hal yang memang wajib kamu lakukan. Jika nantinya laboratorium tidak terlihat bersih dan steril maka dapat mengakibatkan cepat terkontaminasi zat yang berbahaya yang berasal dari lingkungan yang ada di sekitarnya.

Membersihkan laboratorium tidak hanya pada ruangannya saja tetapi peralatan yang di pakainya juga. Lalu bagaimana cara kita untuk merawat alat kimia dan fungsinya.

Peralatan Umum

Peralatan umum memang harus selalu dibersihkan secara berkala dan semua peralatan tersebut sudah harus dalam keadaan yang kering ketika akan disimpan dan ketika akan dipakai.
Untuk melakukan pembersihan dan melakukan perawatannya kamu dapat memakai asam kromat. Jika alat laboratorium dalam kondisi yang basah maka dapat mengakibatkan terjadi korosif terutama bagi alat yang terbuat dari besi. Hal tersebut pastinya sangat berbahaya dan akan lebih berbahaya lagi jika terkontaminasi dengan debu ataupun kotoran yang lain.

Bersihkan Gelas Laboratorium

Di laboratorium gelas memang wajib ada karena alat kimia dan fungsinya sebagai tempat pelarut. Cara merawatnya kita harus memakai deterjen yang khusus. Pada dasarnya gelas laboratorium yang berbahan dasar borosilikat akan tahan terhadap bahan-bahan kimia yang mempunyai sifat asam terkecuali asam hidroflorat.
Penggunaan basa kuat juga dapat mempengaruhi kondisi gelas tersebut. Maka dari itu deterjen yang dilarutkan tidak boleh lebih dari 20% yang bertujuan supaya dapat mengurangi reaksi jangka panjangnya. Membersihkan gelas ini harus secepatnya supaya cepat kering dan tidak terjadi pengerasan residu.

Timbang Laboratorium

Timbangan yang ada di laboratorium juga tidak kalah penting dengan gelasnya. Kebersihan timbangan harus dapat kamu cek setiap saat, apalagi setelah dipakai. Pembersihan dilakukan agar bahan kimia yang menempel dapat hilang dan tidak mempengaruhi bahan kimia yang lainnya.

Kalian dapat merawatnya dengan mudah, bisa menggunakan sikat, tisu ataupun kain yang halus. Angkat piringan yang ada pada timbangan dan kalian dapat bersihkan dengan deterjen yang khusus. Selanjutnya campurkan air dan etanol. Periksa dengan teliti supaya tidak ada bahan kimia yang tertinggal dan sisa-sisa bahan kimia sebelumnya sudah benar-benar terangkat.

Bersihkan Dengan Cara Yang Khusus

Untuk beberapa peralatan yang khusus harus kalian bersihkan dengan cara yang berbeda. Jika akan membersihkan peralatan yang memiliki noda yang berbahaya dan dapat mengakibatkan kerusakan. Noda tersebut adalah noda permanganat pakai campuran asam sulfat 3% dan hidrogen peroksida 3%.

Noda besi HCL 50% dan bila ada noda lemaknya gunakan larutan asam kromat yaitu kalium dikromat dalam asam sulfat yang pekat.
Jika bahan yang dipakai mengandung kontaminasi bakteri tertentu peralatan harus direndam pada larutan disinfektan atau bisa juga di steam menggunakan mesin yang khusus.

Blog Post Lainnya
PT. Presisi Labtools Indonesia
081717170250
info@labtools.id
MTH Square GF, Jl. Letjen M.T. Haryono No.Kav 10, RT.6/RW.12, Cawang, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330
Labtools.id - Bekasi
Jl. Ujung Harapan Bahagia RT 001 RW 002 gg. Pembaharuan No. 67. Babelan, Kab Bekasi, Jawa Barat, 17612
Labtools.id-Makassar
Jl. Bonto Bila VII No.10, Batua, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90233
Media Sosial
Exclusive Dealer
-
Available on :
-
Media Partners
-
-
Newsletter
`Subscribe
-
@2024 labtools.id Inc.