12 Juli 2021 3:24 pm

Tips Aman Di Saat Sedang Berada Di Laboratorium

Tips Aman Di Saat Sedang Berada Di Laboratorium
Jika kita mendengar kata “laboratorium “ pastinya akan langsung terpikirkan dengan bahan dan alat-alat laboratorium kimia yang sangat berbahaya dan tidak sembarangan orang dapat menggunakannya dengan bebas.

Maka dari itu dalam pengoperasiannya harus penuh dengan rasa kehati-hatian. Oleh sebab itu kamu harus bisa untuk benar-benar memahami peraturan dan arahan yang diberikan untuk dapat digunakan sebagai prosedur keselamatan ketika sedang bekerja di laboratorium, supaya nantinya tidak terjadi halal yang tidak kita inginkan.

Sebelum kamu memasuki ruang praktek biasanya kamu akan diminta untuk membuat laporan pengenalan alat laboratorium yang nantinya akan kita gunakan. Selain itu hal tersebut dilakukan supaya kita juga dapat memastikan keamanan kita dan dapat mengurangi potensi terjadinya masalah kesehatan dan cedera.

Baju Yang Dikenakan

Busana yang akan kalian kenakan ketika memasuki ruangan laboratorium akan sangat berbeda dengan busana yang kalian pakai pada setiap harinya.

Aturan Berpakaian Di Laboratorium Adalah Sebagai Berikut Ini :

1. Nantinya kamu tidak boleh menggunakan perhiasan yang akan rusak jika terkena bahan kimia. Sepatu safety yang terbuka, mempunyai hak yang tinggi dan licin jika digunakan. Wajib memakai sepatu safety yang sesuai dengan standar keamanan. Dan untuk perempuan tetap harus mengenakan sepatu safety yang memang khusus untuk para perempuan.

2. Bagi para pria dan wanita yang mempunyai rambut panjang wajib di ikat ketika memasuki ruangan laboratorium. Rambut panjang yang tidak diikat tersebut nantinya ditakutkan dapat mengakibatkan sebuah kecelakaan karena dapat tersangkut pada alat yang bisa berputar.

3. Memakai jas praktikum hukumnya wajib ketika sedang berada di laboratorium, sarung tangan, dan alat perlindungan yang lainnya dengan baik meskipun alat-alat keselamatan tersebut membuat kamu merasa tidak nyaman.
Jika kamu bekerja setiap harinya di laboratorium pastinya akan selalu bergulat dengan bahan-bahan kimia oleh sebab itu maka sangat diperlukan banyak perhatian dan butuh kecermatan dalam menanganinya.

Hal Umum Yang Harus Kamu Perhatikan Di Laboratorium
• Hindari memiliki kontak yang langsung dengan bahan kimia yang digunakan.
• Hindari untuk menghirup secara langsung uap bahan kimia.
• Jangan sekali-kali mencicipi ataupun mencium bahan kimia yang dipakai kecuali ada perintah yang khusus. Biasanya hanya cukup dengan cara mengibaskan ke hidung kita.
• Bahan kimia akan bereaksi langsung dengan kulit kamu dan dapat menimbulkan iritasi seperti pedih dan gatal.
Cara Bekerja Di Laboratorium Yang Benar
• Kamu harus tahu bahaya yang akan terjadi jika bekerja di laboratorium.
• Selalu perhatikan tempat untuk menyimpan bahan dan alat di laboratorium.
• Perhatikan dalam menyimpan alat dan bahan yang ada di laboratorium.
• Ketahui sifat dari bahan-bahan yang ada di laboratorium.

Maka dari itu kamu harus dapat menyerahkan laporan pengenalan alat laboratorium supaya kamu lebih paham dan tahu resiko yang akan kamu hadapi ketika sudah masuk ke dalam laboratorium sehingga nantinya jika terjadi sesuatu kamu tidak akan kaget karena kamu sudah paham sebelumnya.

Blog Post Lainnya
PT. Presisi Labtools Indonesia
081717170250
info@labtools.id
MTH Square GF, Jl. Letjen M.T. Haryono No.Kav 10, RT.6/RW.12, Cawang, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330
Labtools.id - Bekasi
Jl. Ujung Harapan Bahagia RT 001 RW 002 gg. Pembaharuan No. 67. Babelan, Kab Bekasi, Jawa Barat, 17612
Labtools.id-Makassar
Jl. Bonto Bila VII No.10, Batua, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90233
Media Sosial
Exclusive Dealer
-
Available on :
-
Media Partners
-
-
Newsletter
`Subscribe
-
@2024 labtools.id Inc.