9 Juli 2021 11:45 am

5 Alat Kimia Beserta Fungsinya, Dijamin Cepat Paham

5 Alat Kimia Beserta Fungsinya, Dijamin Cepat Paham
Peralatan laboratorium menjadi instrumen penting bagi kamu yang mengambil jurusan MIPA saat kuliah atau bagi kamu yang sedang bekerja di dunia chemistry, pasti sangat sering berhadapan dengan alat lab yang beragam. Sebelum membahas alat kimia beserta fungsinya, yuk kita pahami dahulu tips bekerja di Laboratorium

TIPS Bekerja di Laboratorium

Bekerja di Lab tidak hanya harus mematuhi rambu – rambu umum saja, misalnya mengetahui simbol dan kode larangan pada alat atau zat, akan tetapi juga harus mengembangkan diri dengan menambah pengetahuan, bisa melalui training/webinar maupun dengan mencari informasi update seputar dunia chemistry

Mengikuti Webinar dan Training

Jika kamu bekerja di laboratorium, akreditasi sebuah Lab sangat krusial untuk ditingkatkan. Dan, salah satu penunjang akreditasi dapat dilihat dari ISO/IEC 17025. Para analis atau yang bekerja di Lab harus punya ilmu yang update terhadap dunia chemistry terutama penggunaan alat dan mekanismenya.
Sehingga, pelatihan dan webinar tentang laboratorium sangat penting untuk diikuti. Tidak mesti harus ikut tatap muka, ada banyak seminar online yang bisa kamu ikuti bahkan saat kamu sedang berada di Lab.

Pastikan Udara di Lab Baik

Maksud dari udara yang baik adalah adanya sirkulasi udara di Laboratorium kamu. Apalagi bagi kamu yang sering menggunakan penelitian yang menghasilkan emulsi gas, tentu pertukaran udara sangat penting agar zat – zat berbahaya tidak mengumpul di Lab dan membuatmu keracunan.

Ketahui Jenis Bahan yang Tidak Boleh Diracik Bersamaan

Kombinasi antara unsur Natrium atau Kalium dengan air tidak boleh dilakukan, karena akan bereaksi dengan buruk. Selain itu, beberapa unsur berikut ini juga jangan disatukan dalam satu kombinasi, misalnya:
1. Amonium Sitrat dengan Unsur Zink dan Air
2. Alkohol dengan Api
3. Seng dengan Air
4. Nitrat dengan ester

5 Alat Kimia Beserta Fungsinya

Nah, saatnya kita simak alat lab dan fungsinya berikut ini

1. Cawan Porselin

Sebagai wadah untuk menggabungkan beberapa bahan dan tempat mereaksikan bahan bersuhu tinggi

2. Neraca Analitik

Seperti namanya, alat ini digunakan untuk menimbang bahan serta alat dengan ketelitian yang sangat detil (0,0001 gram hingga 210 gram)

3. Buret

Alat yang digunakan untuk titrasi

4. Kuvet dan Raknya

Sebagai wadah yang selanjutnya akan diuji menggunakan spektrofotometer

5. Tabung Reaksi

berfungsi sebagai tempat pengenceran zat sekaligus penyimpan media

Selain 5 alat kimia beserta fungsinya di atas, masih banyak lagi alat kimia yang tidak bisa dijelaskan satu persatu. Tapi jangan khawatir, jika kamu memerlukan alat lab yang update, kamu bisa kunjungi website Labtools.id, ada banyak pilihan produk seperti Shaker, Hotplate Stirer, Waterbath, DO Meter, Rotary Evaporator dan masih banyak lagi pilihannya. Segera hubungi kontak yang ada di web Labtools.id untuk info yang lebih lanjut.

Blog Post Lainnya
PT. Presisi Labtools Indonesia
081717170250
info@labtools.id
MTH Square GF, Jl. Letjen M.T. Haryono No.Kav 10, RT.6/RW.12, Cawang, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330
Labtools.id - Bekasi
Jl. Ujung Harapan Bahagia RT 001 RW 002 gg. Pembaharuan No. 67. Babelan, Kab Bekasi, Jawa Barat, 17612
Labtools.id-Makassar
Jl. Bonto Bila VII No.10, Batua, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90233
Media Sosial
Exclusive Dealer
-
Available on :
-
Media Partners
-
-
Newsletter
`Subscribe
-
@2024 labtools.id Inc.