9 Juli 2021 11:41 am

Berikut 5 Pengenalan Alat – Alat Laboratorium Dasar yang Wajib Kamu Tahu

Berikut 5 Pengenalan Alat – Alat Laboratorium Dasar yang Wajib Kamu Tahu
Nah, sebelum membahas 5 pengenalan alat alat laboratorium, yuk simak beberapa tips bekerja di laboratorium kimia. check this out!

TIPS bekerja di LAB

Bagi kamu yang sering bergelut dengan Lab terutama Lab kimia. ada banyak hal yang mesti kamu tahu agar terhindar dari berbagai bahaya. karena, seperti yang kita tahu, banyak senyawa kimia yang memiliki sifat korosif dan keras yang sangat sensitive terhadap kulit manusia. Nah, yuk simak beberapa tips berikut ini agar kamu sehat dan selamat saat bekerja!

1. Hindari membawa makan dan minum

Sudah jadi rahasia umum jika bekerja di Lab akan membuatmu lupa dengan dunia luar. seakan-akan hidupmu dihabiskan seumur hidup di dalam Lab hingga lupa waktu. Banyak scientist yang membawa makan dan minum ke dalam Lab karena terkadang mereka lupa untuk sekadar keluar lab untuk membeli makan, padahal hal ini termasuk bahaya loh
Mengapa bisa berbahaya? apakah makanan akan bereaksi dengan senyawa kimia dan membuat ledakan hebat di dalam Lab? tentu tidak! permasalahannya ada di keamanan ketika kamu konsumsi makanan, ditakutkan akan terkontaminasi dengan unsur – unsur yang ada di udara dan membuatmu keracunan.

2. Pahami Tanda Khusus Peringatan

Karena lab merupakan tempat khusus yang penuh dengan zat aktif, penting bagi kamu mengetahui segala makna simbol warning yang ada di lab. Misalnya, pada alat tertentu yang ditempelkan simbol kuning segitiga dengan kode seperti halilintar menunjukkan bahwa alat tersebut memiliki tegangan yang kuat.
Ada juga zat – zat yang ditempelkan simbol bulat warna hijau dengan logo 3 bulatan merah di dalamnya yang bermakna bahwa zat ini merupakan senjata senyawa kimia (mudah bereaksi dan mengakibatkan ledakan).

5 Alat – Alat Dasar Laboratorium

Ada banyak sekali alat alat yang digunakan di lab kimia, akan tetapi beberapa alat berikut ini adalah pengenalan alat alat laboratorium dasar yang wajib kamu tahu. Yuk simak alat lab dan fungsinya sampai habis ya!

1. Gelas Beaker

Sebagai wadah yang difungsikan untuk menyimpan zat sementara

2. Gelas Ukur

Sebagai alat ukur yang berfungsi untuk menghitung jumlah samsel dengan tingkat ketelitian rendah

3. Pengaduk Kaca

Sebagai alat yang bisa melarutkan zat – zat homogenik

4. Lampu Spiritus

Berfungsi sebagai alat pemanas untuk memanaskan atau melarutkan zat – zat tertentu

5. Tabung Eerlenmeyer

Nama tabung ini sudah sangat mendunia, diambil dari salah satu ahli kimia pada zaman dahulu yang menemukan teori dengan menggunakan tabung yang sekarang dikenal tabung Erlenmeyer. Tabung ini tidak hanya sebagai wadah zat sementara tapi juga bisa sekaligus mengukur volume larutan

Beberapa pengenalan alat alat laboratorium di atas tersedia di website Labtools.id, Tidak hanya 5 alat di atas, tapi masih banyak alat lainnya yang bisa menunjang kinerja kamu di laboratorium seperti PH Meter, Centrifuge, Mikroskop dan masih banyak jenis peralatan dari kaca/gelas lainnya.

Blog Post Lainnya
PT. Presisi Labtools Indonesia
081717170250
info@labtools.id
MTH Square GF, Jl. Letjen M.T. Haryono No.Kav 10, RT.6/RW.12, Cawang, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330
Labtools.id - Bekasi
Jl. Ujung Harapan Bahagia RT 001 RW 002 gg. Pembaharuan No. 67. Babelan, Kab Bekasi, Jawa Barat, 17612
Labtools.id-Makassar
Jl. Bonto Bila VII No.10, Batua, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90233
Media Sosial
Exclusive Dealer
-
Available on :
-
Media Partners
-
-
Newsletter
`Subscribe
-
@2024 labtools.id Inc.