8 Juli 2021 11:33 am

Alat-alat Praktikum Kimia Terpenting Yang Harus Kamu Ketahui Kegunaanya

Alat-alat Praktikum Kimia Terpenting Yang Harus Kamu Ketahui Kegunaanya
Alat-alat praktikum kimia bermacam-macam serta fungsinya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing praktikum, riset ataupun juga eksperimen. Alat praktikum tersebut paling direkomendasikan untuk kelengkapan laboratorium misalnya biologi, kimia dan fisika. Sebelum Anda terjun ke lapangan untuk praktek ketahui macam-macam dan kegunaan alat praktikum yang paling penting tersebut.

Nama dan Fungsi Alat-alat Kimia Terpenting untuk Praktek

Masing-masing alat laboratorium dan fungsinya tidak hanya untuk mengasah kemampuan siswa atau mahasiswa praktikum untuk mendapatkan keahlian di bidangnya. Berikut ini beberapa alat laboratorium Kimia yang paling utama dan kegunaanya untuk praktikum.

1. Gelas Ukur

Tahukah Anda bahwa gelas ukur adalah alat ukur terpenting di dalam praktikum Kimia Biologi dan juga Fisika. Gelas ukur digunakan untuk mengukur larutan. Volume larutan yang diukur mulai dari 10Ml hingga 2L. Gelas lainnya juga terbuat dari pipa plastik atau disebut poliproplien. Gelas-gelas ukur ini berukuran panjang dan terdapat kaki yang berguna untuk menjaga kestabilan.

2. Timbangan Lab

Timbangan Lab digital juga penting untuk ditambahkan kedalam koleksi alat-alat praktikum di lab. Timbangan Lab yang bagus memberikan analisis pengukuran yang tepat dan mudah digunakan dengan performa yang bagus dan tahan lama alias tidak mudah eror. Namanya juga timbangan berguna untuk mengukur benda padat.

3. Mikroskop

Mikroskop juga sangat penting untuk alat-alat praktikum kimia. Alat ini terbilang merupakan alat nomor satu yang menjadi kebanggaan suatu Lab Kimia. Dengan alat yang mumpuni seperti Mikroskop ini, Anda yang sedang praktik bisa mengamati pengujian Mikroskopik dengan hasil yang maksimal. Mikroskop elektron contohnya memiliki serangkai lensa berjenis elektromagnetik dan elektrostatik.

4. Alat Ph Meter

Nah alat ini terbilang kecil untuk ukurannya yang bisa dibilang sangat penting untuk Lab. Para praktikum membutuhkan alat ini untuk mengukur keasaman larutan. Ada bermacam-macam merek yang dijual di alat kesehatan. Pilih alat ukur Ph larutan yang digital agar tahan lama dan mudah digunakan.

5. Oven Lab

Oven yang digunakan untuk laboratorium adalah jenis drying. Jika ingin alat kesehatan steril, maka harus mengadakan alat ini. Ketika alat-lat sudah dibersihkan, maka untuk menjaga kesterilannya, seperti Erlenmeyer, Petridish (cawan petri), tabung reaksi akan bisa dimasukkan kesini.

Tips Membeli Alat Kesehatan

Bagi Anda yang sedang praktik ataupun mempunyai wewenang untuk membeli alat kesehatan suatu Lab, seharusnya bisa membeli alat-alat kesehatan yang tepat dan berkualitas. Pilihlah alat kesehatan yang sudah terdaftar di SNI dan pengadaan alat-alat ini terbilang mudah didapatkan. Alat-alat praktikum kimia yang terbaik bisa dibeli di toko alat kesehatan seperti Labtool.id yang menyediakan alat-alat kesehatan berkualitas dengan harga yang relatif lebih murah.

Blog Post Lainnya
PT. Presisi Labtools Indonesia
081717170250
info@labtools.id
MTH Square GF, Jl. Letjen M.T. Haryono No.Kav 10, RT.6/RW.12, Cawang, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330
Labtools.id - Bekasi
Jl. Ujung Harapan Bahagia RT 001 RW 002 gg. Pembaharuan No. 67. Babelan, Kab Bekasi, Jawa Barat, 17612
Labtools.id-Makassar
Jl. Bonto Bila VII No.10, Batua, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90233
Media Sosial
Exclusive Dealer
-
Available on :
-
Media Partners
-
-
Newsletter
`Subscribe
-
@2024 labtools.id Inc.