8 Juli 2021 11:40 am

Pengenalan Alat Laboratorium Mikrobiologi Lengkap

Pengenalan Alat Laboratorium Mikrobiologi Lengkap
Laboratorium Mikrobiologi salah satu yang digunakan untuk praktikum atau eksperimen berhubungan dengan mikrobiologi. Mereka yang mengambil jurusan ini pastinya diberikan pengenalan alat laboratorium Mikrobiologi lengkap dengan persyaratan untuk mendapatkan sertifikat profesi. Yuk berkenalan dengan alat-alat kesehatan apa saja yang biasa digunakan untuk ujian riset Mikrobiologi.

Alat-alat Laboratorium untuk Mikrobiologi

Semua yang berhubungan dengan alat laboratorium dan fungsinya wajib dipelajari oleh mahasiswa praktikum khususnya dibidang Biologi. Bagi Anda yang belum tahu alat-alat apa saja yang dibutuhkan untuk prakenya berikut ini ulasannya:

1. Laminar air flow (LAF)

Laminar Air Flow adalah alat yang berfungsi untuk menjaga aliran udara yang keluar masuk dapat mencegah kerusakan bakteri yang bisa terkontaminasi udara. Oleh sebab itu, pelajari langsung bagian-bagian apa saja yang terdapat pada alat ini.

2. Mikroskop

Anda yang sudah pernah praktek ataupun belum pastinya harus mengetahui bagian dan fungsi dari mikroskop untuk praktek ujian Mikrobiologi. Anda dapat melihat benda-benda terkecil atau jasad renik dengan jelas menggunakan Mikroskop. Harga mikroskop terbilang cukup bervariasi.

3. Autoklaf

Alat Autoklaf juga tidak terlepas penggunaanya untuk praktek baik di bidang Biologi, Kimi dan Fisika. Alat ini terlihat seperti kompor memang menghasilkan panas yang bisa diatur untuk mensterilisasi alat-alat atau aksesoris praktikum

4. Kompor Listrik

Kompor listrik juga digunakan untuk praktek Mikrobiologi. Tujuan praktek yang menggunakan kompor pastinya sudah disesuaikan dengan nama objek atau material yang akan diuji.

5. Magnetic Stirer

Siapa yang tidak tahu dengan alat ini pastinya akan digunakan untuk menggabungkan suatu larutan yang akan diuji. Alat ini sangat penting untuk pengadukan.

6. Timbangan Analitik

Nah alat yang digunakan untuk mengukur bahan-bahan yang akan digunakan untuk penelitian pastinya sudah mendapatkan pengenalan alat laboratorium mikrobiologi lengkap dengan panduannya. Timbangan ini sangat penting dalam mengukur material.

7. Pipet

Pipet juga penting digunakan untuk mengambil larutan yang berada dalam gelas ukur. Anda pastinya sudah tahu merek pipet yang nyaman dan paling banyak digunakan di dunia praktek.

8. Oven

Selain pipet, oven juga penting untuk memanaskan suatu objek penelitian. Ada dua macam tipe oven yaitu oven dengan pemanasnya api atau kayu bakar dan satunya oven listrik. Untuk penelitian Mikrobiologi, oven listrik paling laris digunakan.

Tips Agar Lulus Ujian Praktek Terutama Mahasiswa Jurusan Mikrobiologi

Ikuti pengenalan alat laboratorium Mikrobiologi lengkap dengan panduannya terlebih dahulu. Bagi Anda yang sedang ingin mengikuti ujian praktek khususnya Mahasiswa jurusan Mikrobiologi ada beberapa tips jitu yang bisa kalian pelajari dari sekarang. Salah satu hal terpenting untuk penilaian praktek terbaik yaitu dapat memanfaatkan objek penelitian tersebut yang berpotensi digunakan di masa depan.

Apakah Anda sedang mencari alat-alat untuk praktek Mikrobiologi? Kunjungi situs kami di labtools.id dan dapatkan penawaran terbaik di bulan ini. Temukan alat praktikum lengkap harga mahasiswa disini dan dapatkan alat praktikum sesuai dengan objek penelitiannya.

Blog Post Lainnya
PT. Presisi Labtools Indonesia
081717170250
info@labtools.id
MTH Square GF, Jl. Letjen M.T. Haryono No.Kav 10, RT.6/RW.12, Cawang, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330
Labtools.id - Bekasi
Jl. Ujung Harapan Bahagia RT 001 RW 002 gg. Pembaharuan No. 67. Babelan, Kab Bekasi, Jawa Barat, 17612
Labtools.id-Makassar
Jl. Bonto Bila VII No.10, Batua, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90233
Media Sosial
Exclusive Dealer
-
Available on :
-
Media Partners
-
-
Newsletter
`Subscribe
-
@2024 labtools.id Inc.