11 Juli 2021 8:11 pm

Kenali Alat – Alat Laboratorium Yang Terbuat Dari Bahan Kaca

Kenali Alat – Alat Laboratorium Yang Terbuat Dari Bahan Kaca
Alat yang digunakan untuk di laboratorium begitu banyak jenisnya baik itu alat laboratorium yang terbuat dari kaca, kayu dan masih banyak lagi jenisnya. Pada artikel ini kita akan membahas apa saja jenis alat laboratorium yang terbuat dari bahan kaca tersebut.

Asalkan kalian tahu kebanyakan alat yang tersedia di laboratorium terbuat dari kaca, bahkan hampir semuanya terbuat dari gelas. Maka dari itu kalian harus berhati-hati ketika memakainya sebab akan mudah pecah. Inilah alat-alat laboratorium kimia yang sering kamu lihat yang terbuat dari kaca.

Gelas Kimia

Gelas jenis ini mempunyai diameter yang besar dan terbuat dari kaca dan pada dinding gelasnya terdapat sebuah skala. Mampu untuk menampung sebanyak 200 cc dan tahan akan panas. Biasanya akan digunakan untuk menyimpan larutan yang bersifat korosif. Fungsi yang lainnya adalah sebagai penampung zat kimia yang ada dan mengukur larutan.

Tabung Erlenmeyer

Alat laboratorium yang terbuat dari kaca selanjutnya adalah tabung erlenmeyer. Sebuah alat yang berbentuk gelas yang memiliki bentuk diameternya yang semakin naik ke atas maka akan semakin lebih kecil.
Dapat menampung cairan kimia 10 ml – 2 L. Fungsinya sebagai penyimpanan larutan dan memanaskan selain itu di pakai untuk pembiakan sel dan uji coba mikroba. Bisa juga dipakai untuk simpan fitrat setelah disaring dan menyimpan titrat ketika sedang melakukan titrasi.

Pipet Tetes

Alat ini memiliki bentuk layaknya pipa yang kecil. Di bagian bawah terlihat runcing dan bagian atas ditutup memakai karet. Fungsi dipakai untuk mengambil cairan dengan skala yang kecil yang berbentuk tetesan.

Gelas Ukur

Gelas ini akan dipergunakan untuk mengukur volume larutan maupun cairan kimia. Memiliki skala yang beragam mulai dari 20 ml – 2 L. Tidak bisa dipakai untuk larutan yang panas.

Pipet Ukur

Terbuat dari gelas dan bentuknya menyerupai sebuah pipa yang kecil. Bagian bawah runcing atas tertutup karet. Fungsinya untuk ambil cairan dalam skala yang kecil bahkan hanya sekedar tetesan.

Tabung Reaksi

Alat ini paling sering dipakai, berfungsi sebagian alat pereaksi bahan kimia dengan skala yang kecil.

Labu Ukur

Memiliki bentuk layaknya labu berleher panjang yang sempit dan terbuat dari kaca. Ukurannya 1 ml – 2 L dan tidak boleh terkena panas karena bisa meleleh. Fungsinya untuk membuat larutan yang memilih konsentrasi yang tepat dan tempat untuk mengencerkan larutan yang mempunyai akurasi yang tinggi.

Labu Didih

Memiliki bentuk seperti labu yang berleher panjang. Pada bagian leher lebih kecil dari bagian bawah. Labu ini akan tahan panas hingga suhu 120 derajat celcius.

Sebenarnya masih banyak lagi alat laboratorium yang terbuat dari kaca jika kamu membutuhkannya dapat mengunjungi website labtools.id yang menyediakan alat laboratorium yang begitu lengkap.

Blog Post Lainnya
PT. Presisi Labtools Indonesia
081717170250
info@labtools.id
MTH Square GF, Jl. Letjen M.T. Haryono No.Kav 10, RT.6/RW.12, Cawang, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330
Labtools.id - Bekasi
Jl. Ujung Harapan Bahagia RT 001 RW 002 gg. Pembaharuan No. 67. Babelan, Kab Bekasi, Jawa Barat, 17612
Labtools.id-Makassar
Jl. Bonto Bila VII No.10, Batua, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90233
Media Sosial
Exclusive Dealer
-
Available on :
-
Media Partners
-
-
Newsletter
`Subscribe
-
@2024 labtools.id Inc.