12 Juli 2021 7:49 pm

Mengetahui Beragam Fungsi dari Alat Laboratorium untuk Kebutuhan Praktek

Mengetahui Beragam Fungsi dari Alat Laboratorium untuk Kebutuhan Praktek
Laboratorium merupakan tempat yang dibuat dan dirancang khusus untuk dapat melakukan berbagai jenis eksperimen untuk lebih dekat mengenal dan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan ilmu sains dengan lebih lancar dan juga nyaman. Pada dasarnya, laboratorium sendiri memiliki berbagai jenisnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan penelitian yang dapat dilakukan di dalam tempat tersebut yang tentu saja akan dilengkapi dengan adanya alat-alat laboratorium kimia untuk dapat mendukung pelaksanaan penelitian dengan baik. Kali ini akan diajak untuk mengenal berbagai jenis alat laboratorium dan kegunaannya agar nantinya jika pelaksanaan diperlukan, maka dapat langsung melaksanakannya dengan baik dan tidak lagi merasa asing dengan berbagai alat ini.

Fungsi dari Tabung Erlenmeyer

Salah satu jenis dari alat laboratorium dan kegunaannya kali ini yang biasa cukup banyak diketahui oleh para siswa atau juga yang sering untuk bekerja di laboratorium yaitu tabung erlenmeyer. Fungsi dari tabung ini sendiri diantaranya:

• Membantu untuk mengukur serta mencampur berbagai bahan yang digunakan untuk analisa.
• Membantu menampung larutan dari bahan padat maupun dari bahan cair yang akan digunakan.
• Membantu meracik dan juga melarutkan berbagai bahan komposisi dari media yang akan digunakan.
• Sebagai tempat untuk melakukan kultivasi mikroba yang digunakan pada kultur cair.
• Membantu untuk digunakan sebagai tempat dalam melakukan titrasi bahan dalam melakukan berbagai penelitian terkait.

Fungsi dari Labu Destilasi

Pembahasan dari alat laboratorium dan kegunaannya jenis lainnya kali ini yaitu menggunakan labu destilasi dengan berbagai jenis dengan masing-masing fungsi yang dimilikinya, seperti:

• Destilasi sederhana yang digunakan dalam melakukan pemisahan pada zat cair dengan titik didih yang rendah atau juga dapat digunakan untuk memisahkan zat cair dengan zat lain yang padat atau juga minyak.
• Destilasi bertingkat yang digunakan bagi komponen yang memiliki tingkatan untuk titik didih yang cukup berdekatan.
• Destilasi uap yang digunakan untuk penggunaan pada campuran senyawa yang angka dari titik didihnya mencapai 200 derajat celcius atau juga lebih dari itu.
• Destilasi vakum yang digunakan jika senyawa dalam keadaan yang tidak stabil.
• Destilasi azeotrop yang digunakan untuk membantu memisahkan campuran jenis azeotrop.

Fungsi dari Gelas Beaker

Pada bagian ini, alat laboratorium dan kegunaannya yang akan dibahas yaitu gelas beaker yang memiliki berbagai fungsi seperti yaitu membantu untuk melakukan pengukuran terhadap volume larutan atau jenis bahan lainnya yang tidak perlu untuk memiliki ketelitian cukup tinggi. Selain itu, gelas beaker juga dapat digunakan untuk wadah dalam melakukan penyimpanan dan juga membuat larutan serta juga memanaskan berbagai bahan yang dilakukan di atas hot plate. Jika ingin untuk mendapatkan berbagai bahan ini cukup mudah yaitu hanya perlu untuk mendatangi labtools.id dan dapatkan yang diinginkan.

Blog Post Lainnya
PT. Presisi Labtools Indonesia
081717170250
info@labtools.id
MTH Square GF, Jl. Letjen M.T. Haryono No.Kav 10, RT.6/RW.12, Cawang, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330
Labtools.id - Bekasi
Jl. Ujung Harapan Bahagia RT 001 RW 002 gg. Pembaharuan No. 67. Babelan, Kab Bekasi, Jawa Barat, 17612
Labtools.id-Makassar
Jl. Bonto Bila VII No.10, Batua, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90233
Media Sosial
Exclusive Dealer
-
Available on :
-
Media Partners
-
-
Newsletter
`Subscribe
-
@2023 labtools.id Inc.