12 Juli 2021 7:46 pm

Mengenal Berbagai Jenis Alat Laboratorium Mikrobiologi Lebih Dekat

Mengenal Berbagai Jenis Alat Laboratorium Mikrobiologi Lebih Dekat
Salah satu jenis laboratorium yaitu tepatnya mikrobiologi digunakan untuk melakukan keperluan untuk praktikum eksperimen yang berkaitan dengan berbagai mikrobiologi yang merupakan makhluk hidup kecil-kecil seperti mikroorganisme, mikroba, maupun juga jasad renik. Sama seperti laboratorium pada umumnya, laboratorium mikrobiologi juga memiliki berbagai alat-alat laboratorium kimia yang berguna untuk menunjang penyelesaian dari berbagai proses untuk melaksanakan berbagai jenis penelitian yang diperlukan di tempat tersebut untuk dilakukan. Agar dapat menunjang kesuksesan dari pelaksanaan penelitian ini dengan baik, maka kali ini akan diberikan penjelasan terkait tentang alat-alat laboratorium mikrobiologi dengan cara lebih dekat agar nantinya pelaksanaan eksperimen yang diperlukan menjadi lancar dan selesai dengan baik.

Alat Autoklaf

Jika sedang mengunjungi laboratorium mikrobiologi, alat satu ini akan dapat dengan mudah untuk ditemukan di sana yaitu bernama Autoklaf yang fungsinya sebagai membantu untuk mensterilisasi sebuah benda atau juga media dengan memanfaatkan uap suhu tinggi. Untuk suhu uap yang digunakan pada alat-alat laboratorium mikrobiologi ini yaitu hingga 121 derajat celcius dan dengan waktu untuk sterilisasi sendiri biasanya berkisar hingga 15 menit agar mencapai hasil yang diinginkan oleh peneliti itu sendiri. Ada banyak jenis alat atau bahan yang biasa untuk menggunakan alat sterilisasi satu ini yaitu dengan media yang sifat bahannya sendiri mudah untuk terbakar seperti jas lab yang sudah selesai digunakan.

Alat Oven

Namanya sendiri memang unik meskipun fungsinya sendiri tidak seperti yang biasa ditemukan di antara alat rumah tangga, kali ini alat-alat laboratorium mikrobiologi yaitu bernama oven yang merupakan sebagai alat pemanas dengan caranya yang tertutup untuk dapat membantu sterilisasi berbagai bahan dengan memanfaatkan panas yang kering. Dalam penggunaannya sendiri, oven dapat dengan mudah untuk diatur penggunaan dari suhu dan juga waktu untuk nyala yang dibutuhkan oleh peneliti itu sendiri dalam menggunakannya. Jenisnya terdapat dua yaitu oven manual yang panasnya menggunakan sumber api dari kompor atau bisa dari sumber lainnya, sedangkan satu lagi yaitu oven listrik yang panasnya dihasilkan dari adanya proses perubahan dari energi listrik untuk menjadi sumber energi panas.

Alat Batang Ose dengan Ujung Bulat dan Ujung Lurus

Kali ini alat-alat laboratorium mikrobiologi yaitu dikenal dengan nama batang ose yang fungsinya untuk membantu inokulasi yang bentuk pada bagian ujung kawatnya cukup berbeda sesuai dengan kegunaan yang dimiliki. Terdapat dua jenis ujungnya yaitu kolongan yang digunakan ketika ingin melakukan inokulasi pada bahan yang cair, sedangkan untuk ujung yang lurus digunakan untuk melakukan inokulasi yang menggunakan metode gores pada sebuah media yang agar. Bentuk dari batang ose ini cukup mirip dengan seperti bentuk dari bahan pengaduk, hanya saja berbeda pada bagian ujung yang dimiliki.

Berbagai alat ini dapat dengan mudah ditemukan di labtools.id.

Blog Post Lainnya
PT. Presisi Labtools Indonesia
081717170250
info@labtools.id
MTH Square GF, Jl. Letjen M.T. Haryono No.Kav 10, RT.6/RW.12, Cawang, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330
Labtools.id - Bekasi
Jl. Ujung Harapan Bahagia RT 001 RW 002 gg. Pembaharuan No. 67. Babelan, Kab Bekasi, Jawa Barat, 17612
Labtools.id-Makassar
Jl. Bonto Bila VII No.10, Batua, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90233
Media Sosial
Exclusive Dealer
-
Available on :
-
Media Partners
-
-
Newsletter
`Subscribe
-
@2023 labtools.id Inc.